AWAS!!! 5 Tanda sepele penyakit gagal ginjal yang sering diabaikan...

Gagal ginjal ini merupakan penyakit yang membunuh secara diam-diam

Penyakit gagal ginjal adalah penyakit di mana organ ginjal mengalami kerusakan, yang dalam sistem kerjanya tidak bisa berfungsi lagi dengan sepenuhnya. 


Namun tahu nggak kalau penyakit ini adalah penyakit yang ciri-cirinya nggak banyak disadari. Karena pada dasarnya penyakit gagal ginjal ini merupakan penyakit yang membunuh secara diam-diam (silent disease and silent killer), jadi nggak sedikit orang yang punya ciri-ciri penyakit gagal ginjal selalu mengabaikan dan dianggap sebagai penyakit biasa saja.
Kali ini seperti yang kami lansir dari dailyhealthpost.com lima ciri-ciri gagal ginjal yang sering banget diabaikan, simak yuk!

1. Sakit pada pinggul bagian belakang.
Hal ini terjadi karena ada hubungannya dengan batu ginjal. Sakit yang dialami tergantung batu ginjal berada di mana, apabila batu ginjal terjebak di ureter (saluran antara kandung kemih dan ginjal) maka bisa menimbulkan sakit yang luar biasa.
2. Air kencing yang mulai berubah warna.
Hal yang umum terjadi adalah air kencing yang mulai berubah warna. Terkadang bentuknya bisa berbusa dan terasa sakit jika kencing. Jika sudah mengalami hal-hal tersebut, apalagi timbul bercak darah maka segera pergi ke dokter.
3. Rasa gatal yang berlebihan.
Fungsi ginjal yang paling utama adalah untuk membuang limbah atau kotoran dari aliran darah. Nah jika fungsi ginjal sudah nggak berfungsi normal maka akan terdapat penumpukan kotoran di dalam tubuh yang bisa mengakibatkan rasa gatal yang berlebihan. Biasanya akan disertai dengan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, seperti di tangan, pergelangan tangan dan kaki. 
4. Sesak napas (Oxygen Failur).
Sesak napas juga berkaitan dengan penyakit gagal ginjal. Sesak napas terjadi karena adanya cairan yang berlebih karena tidak berfungsinya ginjal sehingga cairan tersebut akan menutup saluran paru-paru. 
5. Tubuh merasa kedinginan.
Penderita penyakit gagal ginjal biasanya juga merasakan kedinginan sepanjang waktu, walaupun penderita berada di suhu yang hangat. Biasanya menyerang pada malam hari ketika penderita bangun tidur dengan tubuh dingin sampai menggigil.
loading...
loading...
Facebook Twitter Google+
Back To Top