Benarkah Jantung Berhenti Berdetak Saat Bersin?

Bersin adalah salah satu respons alami yang terjadi di tubuh. Ada anggapan bahwa saat bersin maka jantung pun akan berhenti berdetak. Benarkah seperti itu?




Beberapa hal diketahui bisa menyebabkan orang bersin seperti adanya iritasi pada hidung akibat debu, lada, bubuk atau serbuk sari, infeksi virus seperti flu, inhalasi dengan obat kortikosteroid dan paparan sinar matahari (dikenal dengan refelks bersin fotik).

Tapi kabar mengenai jantung berhenti saat orang bersin adalah tidak benar, tekanan dalam dada saat orang bersin hanya mengubah tekanan pada denyut jantung tapi tidak membuatnya berhenti, seperti dikutip dari Menshealth.about, Senin (12/9/2011).

Bersin diawali dengan sensasi menggelitik di ujung saraf yang mengirim pesan ke otak untuk membersihkan lapisan hidung. Sebelum bersin orang akan menarik napas dalam-dalam dan mengencangkan otot-otot dada.

Tekanan dalam paru-paru akan meningkat lalu menutup mata dan terjadilah bersin. Adanya perubahan tekanan ini membuat irama detak jantung menjadi berubah sehingga beberapa orang menganggap jantungnya berhenti saat bersin.

Saat bersih beberapa bagian tubuh akan terlibat seperti otot di wajah, tenggorokan, dada dan perut. Hal ini memungkinkan bagi laki-laki yang masih muda untuk bersin lebih kuat daripada orang yang tua atau perempuan karena memiliki kerangka tubuh yang lebih kecil.

Berikut ini beberapa fakta menarik lainnya mengenai bersin yaitu:
  • Bersin adalah refleks otomatis yang tidak bisa dihentikan ketika sudah mulai bersin
  • Orang tidak akan bisa bersin saat sedang tidur karena saraf yang terlibat dalam kegiatan refleks juga beristirahat
  • Sekitar 18-35 persen orang mengalami bersin saat terkena cahaya terang secara tiba-tiba
  • Saat bersin, lendir atau benda-benda asing yang ada di mulut dan hidung akan keluar dengan kecepatan 100 mil per jam dan mengeluarkan 100.000 kuman ke udara
  • Donna Griffiths dari Worcestershire, Inggris memegang serangan bersin terpanjang yaitu selama 978 hari antara Januari 1981 sampai September 1983. Awalnya ia bersin setiap menit lalu ia mengalami bersin setiap 5 menit. 
sumber:  http://health.detik.com/read/2011/09/12/151718/1720345/766/benarkah-jantung-berhenti-berdetak-saat-bersin
loading...
loading...
Facebook Twitter Google+
Back To Top